BAB 6 TINJAUAN INSTRUMEN ANGKET


Angket merupakan instrumen pengumpul data penelitian berupa sejumlah pertanyaan yang diberikan secara tertulis kepada subjek penelitian. Cara menyusun angket adalah sebagai berikut:

1.      Susun instrumen sehingga mencerminkan mutu yang baik
2.      Susun instrumen sesingkat mungkin sehingga tidak banyak menyita waktu responden penelitian
3.      Susun kalimat pertanyaan sehingga mudah dipahami responden
4.      Susun pertanyaan sehingga tidak menimbulkan jawaban bermakna ganda
5.      Usahakan pertanyaan tidak menghasilkan bias atau prasangka yang memengaruhi responden
6.      Usahakan pertanyaan tidak menyesatkan karena asumsi yang tidak dinyatakan
7.      Alternatif jawaban hendaknya lengkap
8.      Hindari pertanyaan yang menimbulkan rasa curiga atau permusuhan di pihak responden
9.      Pengedaran disertakan surat tertutup dengan menulis nama lengkap sekalian gelar responden
10.  Tindak lanjut terencana perlu disiapkan bila peneliti ingin mencapai persentase pengambila angket secara maksimum
Jenis angket
1.      Angket berstruktur: angket yang di dalamnya memuat pertanyaan yang disertai pilihan jawaban.
Contoh:
·         Apabila anda disuruh berbuat curang oleh teman anda dalam suatu pertandingan olahraga, apakah anda selalu menolak?
a.       Selalu menolak
b.      Pada umumnya menolak, walau kadang menerima
c.       Kadang menerima, kadang menolak
d.      Umumnya menolak

2.      Angket tidak berstruktur: angket yang di dalamnya tidak menyertakan jawaban yang diharapkan
Contohl
·         Jika anda seorang guru, apa anda setuju terhadap kenaikan tunjangan structural pejabat?
Jika anda setuju, beri alasannya:
………………………………………………………………
Jika tidak setuju, beri alasannya:
………………………………………………………………
Penggunaan angket dalam penelitian diterapkan dalam penelitian yang mengungkap variable konseptual, missal motivasi kerja guru atau minat berwiraswasta. Penyusunan angket dilakukan setelah konsep yang akan diukur didefinisikan dengan jelas.
Berikut adalah contoh penyusunan angket motivasi kerja guru, dari penentuan definisi konseptual dan definisi operasional, dimensi dan indicator, penyusunan kisi-kisi dan item instrumen.

Nama variable: motivasi kerja guru sekolah dasar

B. DESKRIPSI TEORITIS

Hakikat motivasi kerja
Motivasi berasal dari kata motif, diartikan sebagai tenaga penggerak yang mempengaruhi kesiapan untuk memulai melakukan rangkaian kegiatan dalam suatu perilaku.

C. SINTESIS

Definisi Konsep
Mengacu pada teori di atas, dapat didefinisikan bahwa motivasi kerja merupakan salah satu factor yang turut menentukan kinerja seseorang.
  
Definisi Operasional
Definisi operasional motivasi kerja adalah skor yang diperoleh dari angket yang berisi dorongan dari dalam dan luar diri seseoranguntuk melakukan sesuatu yang terlihat dari dimensi internal dan eksternal.

Kisi-Kisi Instrumen Motivasi Kerja Guru Sekolah Dasar
Ada empat dimensi yang disertai indicator:
1.      Tanggung jawab
Indikator:
·         Bekerja keras
·         Bertanggung jawab dalam tugas
·         Menyatu dengan tugas
2.      Prestasi
Indicator
·         Dorongan untuk sukses
·         Mengadakan umpan balik
·         Berusaha selalu unggul
3.      Pengembangan diri
Indicator
·         Meningkatkan keterampilan
·         Memiliki dorongan untuk bekerja
4.      Kemandirian
Indicator
·         Kemandirian
·         Tantangan


PETUNJUK PENGISIAN
Pengantar
1.      Angket diedarkan kepada anda dengan maksud untuk mendapatkan informasi sehubungan dengan penelitian tentang motivasi kerja
2.      Informasi yang diperoleh dari anda sangat berguna bagi kami untukk menganalissi tentang motivasi kerja dalam rangka peningkatan kinerja guru
3.      Data yang kami dapat semata-mata hanya untuk kepentingan penelitian. Untuk itu anda tidak perlu ragu untuk mengisi angket
4.      Partisipasi anda memberikan informasi yang sangat kami harapkan
Petunjuk pengisian
Sebelum megisi pernyataan-pernyataan berikut, kami mohon kesediaan anda untuk membaca terlebih dahulu petunjuk pengisian. Pilih satu jawaban yang paling sesuai dengan anda, lalu bubuhkan tanda cek (√) pada kotak yang tersedia.
Contoh pengisian
1.      Suka menciptakan suatu hasil karya yang baru dalam pekerjaan
a.       Sangat setuju
b.      Setuju √
c.       Ragu-ragu
d.      Kurang setuju
e.       Tidak setuju
Berdasarkan contoh pengisian di atas, selanjutnya dapat disusun instrumen angket berdasarkan kisi-kisi di atas. Instrumen tersebut adalah sebagai berikut:
1.      Tugas-tugas berat yang saya hadapi, membuat saya tidak bersemangat lagi untuk bekerja
a.       Sangat setuju
b.      Setuju
c.       Ragu-ragu
d.      Kurang setuju
e.       Tidak setuju
2.      Tugas merupakan bagian dari hidup saya
a.         Sangat setuju
b.         Setuju
c.         Ragu-ragu
d.        Kurang setuju
e.         Tidak setuju
3.      Tugas-tugas berat bagi saya membuat tantangan untuk maju
a.         Sangat setuju
b.         Setuju
c.         Ragu-ragu
d.        Kurang setuju
e.         Tidak setuju

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenal 5SOS (2014-2015)

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI MASYARAKAT DI ERA DIGITAL

Wish You Were Here - Neck Deep