Kenal 5SOS (2014-2015)

Spesial buat 1 tahunnya (4 Oktober 2014-4 Oktober 2015) aku kenal 5 Seconds of Summer. Aku bakal nge-review lagu-lagu 5SOS yang menurutku, punya makna tersendiri. Ini berdasarkan pengamatanku. Kalaupun misalnya beda sama pendapat kalian, ya mohon maaf. Happy reading!


  • Rejects : namanya juga Rejects. Bukan direject direject aja. Itu kan punya si Janet. Dari lirik, udah kedenger banget kayak anak rebel, anak pembangkang, anak yang gak bisa diatur. Bahkan kayak anak yang punya mental disorder. Semua orang tahu apa yang lo lakuin. Temen-temen lo, guru lo, orang disekitar lo, tapi ya lo acuh tak acuh. Di lagu ini lo bisa kayak orang gila teriak-teriak kagak jelas. Kayak air drumming, guitar riffs di lantai, habis gitu lo diliatin orang. Dan lo tetep stay to pretend that you are part of them. (them refers to : 5SOS). Best line : if this was a test, then I’m probably failing. 

  • Good Girls : yang cewek pendiem pasti bakal kesindir. Gimana nggak? Mereka berempat secara gamblang mengungkapkan bahwa gak selamanya cewek yang kelihatan diem itu emang bener-bener anak baik-baik. Mereka pinter, nurut ama orang tua, bukan pembangkang. Anak idaman kan? Tapi pas bagian forget what you saw, cause good girls are bad girls that haven’t been caught, lo bakal sadar, Bahwa emang bener ungkapan 5SOS itu. Sebenernya, gua juga sempet kesindir, tapi dibawa nyantai aja. Lagian gua kagak pernah ngumpet di perpustakaan berduaan sama pacar. Pacar gua kan lagi di Australia *lirik Michael. Apalagi kabur lewat jendela cuma buat ketemuan sama pacar. Surabaya-Sydney itu jauh bok. Best line : forget what you thought, cause good girls are bad girls that haven’t been caught. 


  • Independence Day : lo baru putus sama doi? Pingin move on? Mau banget nih? Dengerin ini! Dijamin, 1000% gagal. Wkwkwkwkwkwk. Becanda. Apalagi pacar lo orangnya over protektif, agresif, dan kayak emak-emak ngatur barisan upacara anaknya. Udah, kalo gak kuat, kamera di pojok sana. Kalo gak tahan, kamar mandi di belakang. Kalo lo emang bener-bener udah empet banget sama pacar lo yang kayak satpam jaga lapor 1 x 24 jam, mending putusin aja, terus dengerin lagu ini. Gua jamin, pasti gak bakal bisa tidur. Berisik. Best line : suddenly my pictures looking perfect, since you’re not in the frame. 
  • Just Saying : lo pingin jadi PHO? Lo pingin doi putus sama pacarnya? Boleh coba nyanyiin lagu ini ke doi. Pasti bakalan dilempar sepatu bapaknya. Wkwkwkwkw. Lo juga gitu, punya cita-cita kok jadi perusak hubungan orang lain. Hubungan lo sama Tuhan kalo dirusak orang lain gimana hayo? Masih mau bilang Just Saying? Manusia di dunia ini banyak sayang. Gue nganggur nih. Best line : you got a boyfriend, and he’s a total loser. 

  • Permanent vacation : lagu ini dibuat dengan campuran lotion dan slow motion. Ya kali. Kebanyakan nanananana. Tapi maknanya menurut gue hampir sama kayak Rejects. Kita butuh pelarian, butuh destinasi, butuh refreshing dari setiap mulut-mulut nakal yang komentarin kelakuan kita. Best line : congratulations, your imitation, are taking over the radio station. 

  • Social casualty : apa ya? Orang lain pingin lo ngerasa jadi orang rendahan. Orang lain pingin ngejatuhin lo. Orang lain pingin menghambat lo untuk menggapai mimpi. Lo selalu jadi yang minoritas, dan lo udah bosen jadi itu semua. Lo udah lelah sama semua yang udah lo jalanin menurut kemauan para “penguasa”. Lo butuh banget di save, supaya lo tetep jadi diri lo sendiri. Bukan seperti yang dipinginin sama Authority. Best line : so tell me tell me what you want from me, I don’t wanna be another social casualty. 
  • The Girl who cried wolf : gue suka sedih pas part-nya Michael yang terakhir. Karena apa? Karena gua gak tahu artinya. Wkwkwkwkwk. Lo selalu bilang semuanya udah berakhir, lo pingin ngulang lagi. Lo terus cari-cari alasan supaya lo gak ikut apapun. Udah ah, gua gak tahu arti penuhnya. Intinya, 5SOS itu pingin lo gak jadi orang yang tertutup. Gak pingin lo terus berpura-pura semua udah abis. Mereka kayak pingin, “Coba tatap mata gue, please cerita!” Best line : why don’t you just reach out and make it clear to me? 
  • At last but not least, ada Amnesia : yang satu ini bakal berhasil bikin lo nangis di tengah malam pas denger akustikannya Michael. Lo gak bakal bisa move on, lo pasti akan keinget doi terus. High note-nya Calum bakalan terus terngiang di kepala. Cuma, gua belum pernah denger lagu ini pas tengah malem.
Gue pernah sempet nangis keinget temen gue. Kejadian yang gue alamin sama dia ini klop banget sama line yang sometime I start to wonder was it just a lie? If what we had was real how could you be fine? Menurut gue, lagu ini buat temen gue yang udah dekeeet banget. Eh tapi tiba-tiba dia menjauh tanpa alasan yang jelas. Duh baper. Baper Tango, duh laper. Best line : it’s hard to hear you name, when I haven’t see you in so long. 

Review lagu 5SOS udah selesai. Gua harap, lagu-lagu mereka tetap menginspirasi para anak muda untuk terus berkarya dan tidak mempedulikan nyinyiran orang lain tentang karya mereka. Gua harap 5SOS bisa memotivasi anak muda yang depresi, supaya mereka gak melakukan self-harm. Gua miris liat para cewek di sosmed yang posting foto tangannya ada bekas cutting.

Setahun gua kenal mereka, setahun juga gua tahu banyak hal yang gak gua ketahui sebelumnya. Thank you 5SOS, you give me this chance, to change my life. Even when I never come to your concert, never meet you, and I bet, you don’t even know about me. But, thanks for this one-year of the worth life you gave to me. You guys are like my moodbooster.

Lots of love,

Fris

Komentar

  1. Aaaaaa mood banget baca review, aku juga kenal 5 SOS dari kelas 7 SMP sampai sekarang 😭

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Wish You Were Here - Neck Deep

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI MASYARAKAT DI ERA DIGITAL