PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI MASYARAKAT DI ERA DIGITAL

PENGARUH MEDIA SOSIAL TERHADAP INTERAKSI MASYARAKAT DI ERA DIGITAL

Frisca Miranda Pasaribu/17650008

Cara berkomunikasi dari zaman ke zaman mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat. Dibandingkan dengan zaman dulu yang masih menggunakan surat-menyurat atau telepon koin, pada zaman sekarang cara berkomunikasi masyarakat sudah beralih ke berbagai macam media sosial yang bisa diunduh di ponsel pintar tiap individu, seperti facebook, instagram, whatsapp, dan twitter. Media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dengan menggunakan teknologi berbasis web yang mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Dalam media sosial tersebut memiliki berbagai macam fitur, yakni mengirim pesan, mengedit, menambahkan, memodifikasi tulisan, gambar, atau video, dan sebagainya. Ada pula media sosial untuk membuat blog pribadi yang dinamakan blogger. Bahkan di zaman serba mudah dengan internet ini, media sosial bisa digunakan sebagai lahan penghasil uang. Banyak masyarakat yang menjajakan produknya ke media sosial, dilihat dan dibeli orang banyak.

Masyarakat tidak hanya menggunakan media sosial sebagai sarana berkomunikasi, baik dengan orang dekat ataupun jauh, tetapi juga digunakan untuk mengakses informasi dalam maupun luar negeri. Jarak dan waktu tidak menjadi kendala dalam pemanfaatan media sosial, karena media sosial bisa diakses kapanpun dan di manapun. Media sosial juga tidak memandang golongan manusia. Siapapun bisa memiliki akun media sosial. Mulai dari pelajar, anak kuliahan, pekerja kantoran, pejabat pemerintahan, dan lain-lain.

Penelitian oleh we are social menyebutkan bahwa internet di indonesia sudah mencapai 175,4 juta pengguna, dengan 160 juta pemilik akun media sosial aktif, sedangkan populasi manusia di indonesia sebanyak 272,1 juta jiwa. Dapat diartikan bahwa 64% masyarakat Indonesia telah menggunakan internet.

Media sosial memiliki manfaat baik bila digunakan dengan bijak. Namun, bila digunakan secara tidak sehat, maka akan berakibat fatal, seperti kecanduan media sosial atau tidak bisa hidup tanpa pegang hp. Selain itu, ada beberapa akibat buruk lain yang ditimbulkan dari penggunaan media sosial yang tidak sehat, di antaranya sebagai berikut:

1.      Masalah kesehatan mental

Sebagian besar pengguna media sosial sering kali mengalami pernasalahan mengenai kesehatan mental ketika terlalu sering menggunakan media sosial. Mereka kerap kali merasa rendah diri, stres, cemas, bahkan iri hati terhadap berbagai unggahan di media sosial.

2.      Merasa kurang puas

Karena rendah diri, stres, cemas, dan iri hati terhadap unggahan di media sosial, manusia pun merasa kurang dengan apa yang ada dalam dirinya. Mereka pun berlomba-lomba untuk mengubah diri, mengikuti tren di media sosial. Seakan-akan membuang jati diri mereka yang sesungguhnya dan menggunakan tren di media sosial sebagai pedoman bagi dirinya dalam menjalani hidup di dunia nyata.

3.      Memengaruhi hubungan di dunia nyata

Penggunaan media sosial yang berlebihan membuat manusia menjadi pribadi yang menyendiri di dunia nyata. Acuh tak acuh terhadap apa yang terjadi di sekitarnya. Interaksi sosial secara langsung menjadi berkurang sejak era media sosial menyebar ke penjuru dunia. Untuk para pasangan pun, karena terlalu sering berinteraksi dengan orang-orang di dunia maya, mereka tidak jarang menaruh curiga atau cemburu pada pasangannya.

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kenal 5SOS (2014-2015)

Wish You Were Here - Neck Deep